Monday, May 19, 2008

Big Ideas for A Small Planet

Semalem nonton acara di Metro TV judulnya Big Ideas for A Small Planet. Baru kali itu nonton acaranya, sepertinya acara ini membahas tentang teknologi yang ramah lingkungan.

Bagus banget acaranya. Kemarin itu ada inventor yang bisa menciptakan plastik dari Jagung sebagai bahan utamanya, bahkan ada juga yang membuat mobil dengan kedelai & jagung sebagai bahan utamanya loh! Hebat banget deh!!

Tapi disini Chi mau ngebahas tentang plastik organik. Namanya Cereplast (cereal plastik). Dengan bahan utama jagung mereka bisa membuatnya menjadi bijih plastik yang kemudia bisa diolah menjadi berbagai macam produk dari plastik seperti gelas plastik, piring plastik, tas plastik, styrofoam, dll.

Menarik banget ya.. :-? Soalnya Chi pikir kebutuhan kita akan plastik kebutuhan yang serba salah. Keberadaan plastik & styrofoam itu sebenernya membantu banget. Coba aja bayangin, kalo kita bikin suatu acara pastinya akan lebih ringkas kalo peralatan makan & minumnya dari plastik atau styrofoam. Gak perlu cape-cape cuci peralatan makan, tinggal buang aja beres. Apalagi kalo pestanya itu banyak anak-anak sebagai tamunya. Kita gak perlu takut pecah, karena terbuat dari plastik atau styrofoam kan (paling takut tumpah doang).

Tp kalo inget bahwa styrofoam atau plastik itu bukan barang yang mudah terurai di tanah (katanya baru bisa terurai setelah 500 juta tahun), kayaknya serem banget ya? :-O Kasian bumi kita. Lagian kalo kita gak peduli sama bumi, pada akhirnya kita juga yang bakal nanggung akibatnya. Heh... bener-bener serba salah deh..

Nah begitu Chi liat cereplast ini, buat Chi sih orang yang menciptakan ini brilian banget! Katanya cereplast ini cuma butuh waktu 180 hari aja supaya bisa terurai. Mengenai kualitas, penemunya menjamin kalo kualitasnya sama dengan produk plastik & styrofoam yang ada di pasaran. Bahkan harganya pun katanya sih sama.

Wih... Kalo kualitas & harganya sama, tinggal tunggu apa lagi nih? Mudah-mudahan aja produk ini cepet-cepet diproduksi secara besar-besaran ya (atau memang udah). Atau kalo perlu mereka buka pabriknya di Indonesia. Soalnya kalo bahan bakunya jagung kayaknya negara kita diap deh (kan katanya Indonesia negara yang subur). Lagian di khawatirin kalo kita gak ikutan produksi (bisanya impor), jatohnya bakal mahal juga. Kalo udah mahal ya percuma aja deh, yang beli kemungkinan sedikit.

Hmmm... kira-kira bakalan terwujud gak ya? O'ya kalo mau tau lebih jauh lagi tentang cereplast, klik webnya aja.

No comments: