Saturday, May 3, 2008

Ijazah

Pentingkah ijazah bagi seorang home schooler?

Ada yang bilang kalo kita udah memilih home school kita jangan lagi mementingkan ijazah. Karena orang yang memilih home schooler adalah orang yang mandiri (tanpa ijazah pun insya Allah kita pasti bisa sukses).

Tapi di sisi lain ijazah bisa dianggap penting keberadaannya. Emang sih kita pasti pernah mendengar cerita-cerita sukses orang-orang yang sukses hidupnya walaupun dia tidak mempunyai ijazah (atau bahkan tidak sekolah). Tapi berapa banyak sih orang yang seperti itu?

Walaupun ijazah juga gak mutlak menjamin bahwa seseorang akan hidup sukses di kemudian hari, tapi ironisnya ketika kita melamar kerjaan masih banyak perusahaan-perusahaan yang melihat ijazah sebagai salah satu syarat penerimaan. Padahal ketika kita terjun ke lapangan kerja yang dibutuhkan adalah ketrampilan. Ironis kan?

Di dalam sistem pendidikan Indonesia, keberadaan homeschooling adalah legal. Keberadaan homeschooling memiliki dasar hukum yang jelas di dalam UUD 1945 maupun di dalam UU no 20/2003 mengenai Sistem Pendidikan Nasional. Sekolah disebut jalur pendidikan formal, homeschooling disebut jalur pendidikan informal. Siswa homeschooling dapat memiliki ijazah sebagaimana siswa sekolah dan dapat melanjutkan sekolah ke Perguruan Tinggi manapun jika menghendakinya (dikutip dari: www.sumardiono.com).

Kalo mau tau tentang dasar hukum & ujian kesetaraan bagi siswa home school klik disini aja.

Jadi apa ijazah itu penting bagi home school. Kayaknya sih balik ke pribadi masing-masing ya. Chi pribadi masih menganggap ya. Tapi Chi juga menyiapkan skenario terburuk, seandainya tidak dapat ijazah pun sampai saat ini Chi tetap berpikir home school adalah pendidikan yang terbaik untuk anak-anak Chi

Dan daripada pusing-pusing mikirin ijazah, kayaknya chi lebih milih berpusing-pusing untuk mencari ketrampilan yang tepat buat Keke & Nai.. Karena kalo pun nanti mereka gak punya ijazah insya allah dengan ketrampilan yang mereka miliki mereka akan tetap mampu bersaing di kehidupannya mereka nanti.. :)

No comments: