Saturday, May 3, 2008

Home School Itu Mahal Gak Sih?

Ada yang bilang home school itu mahal, tapi ada yang bilang juga gak. Chi sendiri sih gak tau persis, kan belom ngejalanin. Tapi kayaknya tergantung dari kita juga ya.. Ya kayak sekolah aja ada yang mahal atau murah. Tinggal kitanya aja mau pilih yang mana.

Tapi Chi sendiri lebih melihat pengeluaran uang itu dengan worth it apa gak sih? Maksudnya buat apa cari yang mahal kalo dengan yang murah aja kita bisa dapetin yang sama. Makanya itu mungkin karena Chi suka mikir kayak gitu akhirnya suka lama kalo memilih-milih. Persiapannya panjang….

Kalo di home school kan katanya gak ada SPP bulanan, tapi Chi pikir kalo anak-anak jadi home school Chi akan tetap menyediakan budget bulanan untuk pendidikan mereka. Karena tiap bulan pasti ka nada pengeluaran untuk pendidikan mereka walaupun cuma untuk kertas, bolpen atau crayon aja tapi tetep harus di anggarin deh. Ya… untuk ngedisiplinin kitanya juga dalam hal budget.

Trus kenapa juga Chi pikir home school belom tentu lebih murah dari sekolah formal. Karena Chi punya rencana kalo nanti anak-anak jadi home school Chi mau masukin mereka ke beberapa kursus karena katanya home school kan waktu luangnya lebih banyak. Kursusnya sih bukan kursus yang kayak kursus matematik, atau pelajaran gitu tapi Chi pengen masukin mereka ke kursus menggambar, musik. Pokoknya yang lebih ke artnya deh. Kalo mereka sekolah formal juga Chi ada rencana pengen masukin mereka ke kursus, tapi kayaknya sih gak lebih dari satu. Abis kalo mau banyak-banyak kasian, jam pelajaran mereka di sekolah aja udah cukup panjang kalo harus ditambah kursus ini-itu kapan mereka istirahatnya?

Jadi kalo di pikir-pikir belom tentu murah ya.. home school mungkin gak ada spp tapi dengan segala rencana kursus ya bisa jadi malah lebih mahal. Untuk sekarang sih tetep masih milih home school, tapi kita liat aja nanti ke depannya.

No comments: