Friday, May 16, 2008

Sosialisasinya Anak-anak Home School

Banyak orang yang mengkhawatirkan kalo kita Home School tuh anak-anaknya bakal kurang sosialisasi. Awalnya Chi & Kak Aie juga berpikir seperti itu. Tapi setelah banyak mencari tau & berdikusi (ikut milis-milis Home School juga), kami jadi yakin kalo home school itu gak menyebabkan anak menjadi kurang bersosialisasi.

Yang kami tau sekarang masalah sosialisai itu sebenernya tergantung kitanya juga. Kadang anak yang nasuk sekolah formal gak jadi jaminan juga dia bakal pinter bergaul, buktinya banyak anak-anak di sekolah formal yang gak punya temen entah karena anaknya itu sendiri yang gak bisa bersosialisasi atau anaknya yang gak ditemenin sama temen-temennya.

Untuk anak HS mungkin mereka gak bisa merasakan suka dukanya berteman di sekolah formal (gak bisa ngerasain prom night :(). Tapi kan mereka bisa bersosialisasi ditempat lain. Di lingkungan rumah, di tempat kursus, atau lain-lain (yang penting tempat gaul yang positif aja).

Kami sih punya rencana kalo anak-anak Insya Allah jadi HS mau masukin mereka ke beberapa kursus, yang mungkin kalo mereka sekolah formal kami cuma mau masukin mereka ke satu macem kursus aja. Abis kasian, kalo liat jadwalnya sekolah formal pada panjang-panjang kalo mereka harus kursus lagi kapan istirahatnya?

So... gak perlu takut lagi anak kita bakal jadi kuper kan? :)

No comments: